Buku
Teks
1. Pengertian
Buku teks merupakan salah satu sumber belajar dan bahan ajar yang banyak
digunakan dalam pembelajaran. Buku teks memang merupakan bahan ajar sekaligus
sumber belajar bagi siswa yang konvensional. Namun meskipun konvensional dan sudah
dipergunakan cukup lama dan banyak yang menganggap tradisional, buku teks
pelajaran masih cukup mampu memberikan kontribusi yang baik pada pembelajaran.
Beberapa materi pembelajaran tidak dapat diajarkan tanpa bantuan buku teks
pelajaran.
Sumber dan pembuat buku teks pelajaran dapat berasal dari berbagai macam.
Esensi buku teks pelajaran adalah memberikan informasi dan materi kepada
peserta didik melalui bahan yang berbentuk cetakan. Buku pelajaran memuat
materi pelajaran ditambah dengan informasi yang relevan secara menyeluruh dan
lengkap sehingga penggunaan buku teks pelajaran dapat digunakan berdampingan
maupun tanpa sumber belajar atau media pembelajaran
lainnya.
Pada umumnya buku pelajaran dikeluarkan atau diterbitkan oleh
penerbit-penerbit yang banyak menawarkan ke tiap-tiap institusi pendidikan. Ini
menjadikan satu institusi atau sekolah satu dengan yang lainnya dapat
menggunakan buku teks yang berbeda pada materi pelajaran dan tingkatan kelas
yang sama. Pemerintah juga menyelenggarakan program BSE (Buku Sekolah
Elektronik) dimana BSE merupakan buku teks pelajaran yang disediakan
secara gratis dan dapat diunduh (download) serta disebar luaskan tanpa
pelanggaran hak cipta. Penerbit yang ingin mengambil keuntungan dari buku BSE
ini juga tidak diperbolehkan menetapkan harga melebihi harga maksimal yang
ditentukan.
Buku teks pelajaran merupakan bahan ajar dan sumber belajar yang mudah
ditemukan dan digunakan. Setiap toko buku memiliki dan menjual buku pelajaran
dengan harga yang terjangkau. Dalam penggunaan juga sangat mudah, peserta didik
cukup membaca dan memahami materi yang dituangkan dalam buku tersebut, tidak
perlu keterampilan khusus lain yang diperlukan untuk menggunakan buku teks
pelajaran. Ini juga yang merupakan bahan cetak ini banyak digunakan.
Buku
teks pelajaran memiliki banyak fungsi, tujuan dan kegunaan atau manfaat dalam
mendukung proses pembelajaran. Nasution dalam Prastowo (2012: 169)
menyebutkan terdapat beberapa fungsi, tujuan dan manfaat atau kegunaan buku
teks pelajaran, yaitu:
2. Fungsi Buku Teks
Pelajaran
·
Sebagai bahan referensi atau
bahan rujukan oleh peserta didik
·
Sebagai bahan evaluasi
·
Sebagai alat bantu pendidik
dalam melaksanakan kurikulum
·
Sebagai salah satu penentu
metode atau teknik pengajaran yang akan digunakan pendidik
·
Sebagai sarana untuk
peningkatan karir dan jabatan
3. Tujuan Buku Teks
Pelajaran
·
Memudahkan pendidik dalam
menyampaikan materi pembelajaran
·
Memberi kesempatan kepada
peserta didik untuk mengulangi pelajaran atau mempelajari pelajaran baru
·
Menyediakan materi pembelajaran
yang menarik bagi peserta didik
4. Manfaat atau
Kegunaan Buku Teks Pelajaran
·
Membantu peserta didik dalam
melaksanakan kurikulum karena disusun berdasarkan kurikulum yang berlaku
·
Menjadi pegangan guru dalam
menentukan metode pengajaran
·
Memberi kesempatan bagi peserta
didik untuk mengulangi pelajaran atau mempelajari materi yang baru
·
Memberikan pengetahuan bagi
peserta didik maupun pendidik
·
Menjadi penambah nilai angka
kredit untuk mempermudah kenaikan pangkat dan golongan
·
Menjadi sumber penghasilan jika
diterbitkan
Pembuatan buku
teks pelajaran yang sesuai fungsi, tujuan dan manfaat tentu sudah cukup
menjadikan buku pelajaran sebagai bahan ajar yang tepat. Guru maupun peserta
didik juga tidak harus dipusingkan lagi dengan pemilihan sumber
belajar yang akan digunakan. Tentu saja pemilihan buku teks sebagai
sumber belajar harus memperhatikan hal-hal khusus serta komponen-komponen penyusun sumber
belajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar